My Blog

All pictures were captured by my sony camera given by my hubby, kamera pocket yang handy dengan hasil yang memuaskan :)

Senin, 13 Februari 2012

Gugup saat presentasi?

Sering merasa gugup bila harus presentasi di depan banyak orang? Yup, saya selalu merasa gugup setiap kali akan presentasi.  Saya sering terkagum-kagum melihat presentasi teman-teman sekelas saya,orang Belanda yang begitu bagus. Mereka memberikan presentasi layaknya bercerita dengan alur yang mengalir seperti air, tenang dan menghanyutkan. Saya selalu berkecil hati bila harus dibandingkan dengan kemampuan mereka. Bila ditanya apa tipsnya? Mereka menjawab, kuncinya adalah percaya diri dan latihan! 


Ternyata sejak kecil anak-anak Belanda sudah dibiasakan untuk melakukan presentasi. Percaya diri juga sudah dibangun sejak mereka kecil, maka tidak heran mereka berkembang menjadi seorang yang kritis, percaya diri, kreatif dan sangat mandiri. Sangat berbeda bila dibandingkan dengan diri saya pribadi. Tapi tak ada gunanya membanding-bandingkan, yang harus saya lakukan sekarang adalah menjadi lebih baik, membangun rasa percaya diri dan melatih diri untuk berpikir kritis. 

Nah kembali ke presentasi, percaya diri dan latihan memang sangatlah penting. Ketika tips ini saya terapkan untuk presentasi saya berikutnya, nilai presentasipun meningkat dari yang biasanya cuma dapat tujuh naik ke angka delapan :). 

Beberapa tips agar tidak gugup saat presentasi:
  1. Usahakan presentasi selesei paling lambat sehari sebelum presentasi, agar anda punya waktu untuk latihan.
  2. Berlatihlah di depan cermin, kalau perlu rekamlah latihan anda agar dapat direview kembali. Rekaman presentasi ini juga dapat diputar ulang di jalan atau dimana saja, agar anda ingat apa-apa yang ingin anda katakan saat presentasi.
  3. Berlatihlah di depan teman anda, lalu mintalah saran mereka tentang apa-apa yang perlu anda perbaiki dan tingkatkan dalam melakukan presentasi.
  4. Pada saat presentasi, 'be confident!', dan pertahankan 'eye contact' dengan para audiens.
  5. Usahakan tidak hanya membaca apa yang tercantum dalam presentasi anda, berikanlah informasi lain yang menarik tapi relevan dengan presentasi anda.
Semoga berhasil!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar