My Blog

All pictures were captured by my sony camera given by my hubby, kamera pocket yang handy dengan hasil yang memuaskan :)

Senin, 22 Februari 2016

Catatan Mpasi: Menu Tunggal

Kali ini saya mau men-share tentang makanan pendamping asi (MPASI). Sejak anak pertama lahir, saya telah bergabung ke grup hhbf (Bagi yang belum tau apa itu hhbf, silakan klik disini) untuk belajar cara mempersiapkan mpasi homemade. Sayangnya saat anak kedua, saking sibuknya saya sangat jarang membuka grup ini sehingga tidak tahu perkembangan tentang mpasi rumahan. Apa yang terjadi? Untuk dua hari pertama saya memberikan menu tunggal yang sama. Sementara kalau menurut WHO, sebaiknya pada dua minggu pertama, bayi diberi menu tunggal yang bervariasi di mulai dari pemberian karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayuran dan buah-buahan serta perkenalan terhadap lemak seperti minyak, butter, margarine ataupun santan. 


Better late than never, yup, meski telat dua hari but i'll catch up... Akhirnya di malam saya sadar bahwa saya kurang update, saya manfaatkan untuk menyusun menu tunggal. Nah ini dia menu tunggal yang telah saya susun :

1. Selasa, Pagi & Sore = Apel (Belum baca)
2. Rabu; Pagi & Sore = Apel (Belum baca juga, huhuhuhu)
3. Kamis; Pagi = Nasi Putih + margarin, Sore = Alpukat
4. Jumat ; Pagi = Kuning Telur, Sore = Pir
5. Sabtu : Pagi = Kacang hijau + santan, Sore = Wortel
6. Minggu : Pagi = Kacang merah + santan, Sore = bayam
7. Senin : Pagi = Kentang+minyak kelapa, Sore = Semangka
8. Selasa : Pagi = Hati ayam kampung+minyak, Sore = Pepaya
9. Rabu: Pagi = Ubi Ungu+margarin, Sore= Kangkung
10. Kamis : Pagi = ikan + minyak, Sore = jeruk 
11.  Jumat : Pagi = tahu = margarin, Sore = labu kuning
12. Sabtu: Pagi = beras merah+putih. Sore = pisang
13. Minggu : Pagi= udang + minyak, Sore = buah naga
14. Senin : Pagi = oat+margarin, Sore = brokoli

Jadwal di atas ini kemudian saya tuliskan di atas selembar kertas, lalu ditempel di kulkas, sebagai pengingat mau nitip belanjaan apa aja untuk menu tunggal adek. Setelah nempel jadwal seperti ini semuanya jadi lebih mudah, udah gak perlu mikir si adek makan apa lagi ya? 
Setelah dua minggu menu tunggal, dilanjutkan dengan menu 4*. Apa itu menu 4*? Bersambung....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar