My Blog

All pictures were captured by my sony camera given by my hubby, kamera pocket yang handy dengan hasil yang memuaskan :)

Kamis, 10 Mei 2012

Paella

Paella adalah masakan khas Spanyol, saya pertama kali mencicipi makanan ini malahan di Brussels, Belgia. Di Brussels ada satu kawasan dimana restoran yang menjajakan makanan seafood berjejeran, tepatnya di Rue des Bouchers/Beenhouwers straat. Menu andalannya adalah Paella dan kerang hijau sepanci, hmmm, apa yah istilahnya ut kerang hijau sepanci ini, saya kok lupa hehe... Harga seporsi Paella adalah 12 euro, dan porsinya besar loh, saya gak kuat menghabiskannya sendiri, hihi. Untung waktu itu makannya berdua, barengan sama Mb Arie, saya memesan Paella sementara mb Arie memesan kerang hijau sepanci. Kami sengaja memesan menu yang berbeda biar bisa saling mencicipi, hihihi.
Nih foto Paella yang saya cicipi di Brussels.


Dan ini foto Mb Arie bersama sepanci kerang hijaunya :

Trus abis itu, karena pengen makan Paella lagi, tapi gak nemu di Belanda, jadi deh saya masak sendiri. tenyata bikinnya gak susah loh. Resep yang saya pakai bisa dilihat disini. Tapi tentu saja, resepnya saya modifikasi biar rasanya sesuai selera kami (saya dan suami :)). Hasilnya enak dan suami suka banget, hehe. Ini nih gambar Paella buatanku :

Untuk Seafood-nya, saya beli sepaket seafood campur-campur yang biasanya buat Tom Yam Soup dan Dim Sum. Sementara udang besar saya beli tersendiri. Bumbu-bumbunya gak ribet cuma bawang bombay, bawang putih, kunyit dan garam, sayurannya bisa nambahin paprika warna-warni, tomat dan kacang polong (hari itu saya lagi gak punya stok kacang polong, jadi gak pake kacang polong, hihihi). Di resep aslinya sih, gak pake cabe tapi saya tambahin cabe biar ada rasa-rasa pedesnya. Berasnya sebaiknya direndam semalaman dulu biar cepat matang. Kaldu udang  disiapkan dengan merebus udang terlebih dahulu dalam 500 ml air. Setelah itu udangnya disisihkan kemudian kaldunya dipakai untuk mematangkan nasi.
Kalo semua bahan-bahan udah siap nih seperti gambar di atas, Paella-nya udah bisa segera dimasak. Caranya; tumis terlebih dahulu bawang bombay dan bawang putih dengan minyak zaitun hingga wangi di atas wajan, setelah itu masukkan campuran seafood, masak hingga matang. Tambahkan paprika, tomat, dan kacang polong (cabe klo mau rasanya agak pedes :p). Campur kunyit dengan sesendok kaldu udang lalu tuang ke wajan, aduk hingga rata, masukkan semua kaldu udang, lalu masukkan beras. Aduk-aduk sebentar, lalu wajannya di tutup rapat, apinya dikecilin lalu dimasak hingga matang. Gampang kan? Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar