My Blog

All pictures were captured by my sony camera given by my hubby, kamera pocket yang handy dengan hasil yang memuaskan :)

Selasa, 26 April 2016

Anak GTM = ibu kreatif

Ibu mana yang tidak pusing bila anaknya lagi GTM? Seperti yang saat ini saya alami. Sudah tiga minggu ini adek ai GTM. Gak mau disuap, sehingga alternatif yang paling memungkinkan adalah fingerfood. Hanya saja kalau nyiapin fingerfood itu saya jadi takut rules 4* yang terdiri atas karbohidrat, protein nabati, protein hewani dan sayur-sayuran jadi gak terpenuhi. Jadilah saya memutar otak, berpikir untuk membuat makanan yang bisa dipegang oleh adek ai dan memenuhi syarat 4*.
Tiga minggu saya membuat bubur, dimulai dari yang tekstur yang halus hingga yang kasar dan semua berakhir sama, hanya 1-2 sendok lalu GTM lagi. Yang lebih memusingkan, baru lihat piring dia udah nangis duluan. Tapi bila diberi fingerfood dia langsung semangat, hanya saja makannya hanya sedikit, habis itu banyak juga yang akhirnya terbuang. But at least, saat itu dia makan.
Tapi iya, anak GTM akan membuat ibunya lebih kreatif. Karena adek ai GTM, saya jadi memutar otak mencari segala cara agar ia mau makan. Dimulai dengan membuat fingerfood berupa kentang, wortel, dan kacang panjang yang dipotong memanjang agar dapat dipegang kemudian dikukus. Namun cara ini kurang efektif karena banyak yang kemudian terbuang. Maka ditengah-tengah kegalauan saya, tercetus untuk membuat makanan padat kombinasi menu 4*. Dimulai dengan menumis parutan wortel dan potongan kecil kacang panjang dengan bawang putih. Setelah matang dicampur dengan nasi lumat, lalu ditambahkan telur ayam kampung dan keju. Dimasukkan ke dalam wadah lalu di kukus. Cara ini sukses membuat adek ai membuka mulut kembali... Keesokan harinya saya kembali berkreasi dengan memasak kentang, wortel dan kacang merah lalu diblender. Setelah itu dicampurkan dengan nasi lumat, lalu ditambahkan telur ayam kampung, keju dam sedikit potongan daun seledri dan sup. Menu inipun berhasil membuat adek ai buka mulut...
Jadi anak GTM membuat ibu kreatif? Sudah pasti :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar