My Blog

All pictures were captured by my sony camera given by my hubby, kamera pocket yang handy dengan hasil yang memuaskan :)

Kamis, 05 April 2012

Appeltaart

Masih ingat postingan saya sebelumnya tentang makanan apa saja yang bisa dinikmati di Belanda ? Klo belum jangan lupa cek postingannya disini ya ;). Dipostingan sebelumnya saya sempat menyebutkan beberapa makanan khas Belanda yang saya sukai adalah Appeltaart dan Appelflap. Nah sekarang, resep appeltaart saya posting disini. InsyaAllah dua pekan ke depan, saya juga akan memposting resep Appelflap.
Appeltaart ini sangat enak (karena saya memang penggemar buah apel dan produk olahan buah apel). Cara membuatnya pun sangat mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah :


Bahan kulit (dough):
- tepung appeltaart (lihat gbr diatas), bisa dibeli di supermarket terdekat, bisa juga dibuat sendiri.
- margarin 150 g
- telur 1 biji
Bahan isi:
- Apel 6 biji (potong dadu)
- Kismis
- Gula pasir 50 g (bisa diganti dengan madu)
- Bubuk kayu manis
Cara buatnya:
  • Buat kulit dengan mencampur semua bahan-bahan untuk kulit, adon hingga kalis. Bagi adonan menjadi dua , 3/4 adonan letakkan ke dalam talang cetakan dengan mengikuti bentuk bentuk cetakan, 1/3 nya lagi untuk bagian atas kue.
  • Buat bahan isi dengan memanaskan apel, madu, bubuk kayu manis dan kismis. Panaskan hingga bahan isi tidak berair
  • Masukkan bahan isi ke dalam talang yang telah dialasi kulit, lalu tutup bagian atasnya dengan sisa kulit, bentuknya seperti gambar di atas.
  • Panggang di dalam oven pada suhu 180 derajat selama 45 menit.

fresh from the oven!
Ready to eat, want some?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar