My Blog

All pictures were captured by my sony camera given by my hubby, kamera pocket yang handy dengan hasil yang memuaskan :)

Selasa, 03 Januari 2012

Roti Mini


Orang-orang menyebutnya roti unyil, tapi saya lebih suka menyebutnya roti mini, karena ukurannya yang mini. Karena rindu dengan citarasa roti-roti di Indonesia yang lembut dan manis, saya pun mencari resep membuat roti kesukaan saya yakni roti coklat susu. Akhirnya nemu resep yang cocok disini. Saya pun membuat roti sesuai resep di link ini, dengan beberapa modifikasi.
Susu bubuk saya ganti dengan santan bubuk, karena sangat susah untuk menemukan susu bubuk disini. Kalaupun ada, susu bubuk biasanya berupa susu formula untuk bayi yang kemasannya di atas 500 g. Air es juga diganti dengan susu encer (Magere Melk/Skimmed Milk). Hasilnya, rotinya menjadi sangat lembut dan enak.
Baiklah ini resep roti mini kesukaan saya:
Bahan Adonan:
400 g tepung terigu
75 g gula pasir
1 bungkus ragi instant
15 g santan bubuk
1 butir telur
50 g margarin
200 ml susu
1 sdt garam
Cara pembuatan:
Campur tepung terigu, gula pasir, garam dan ragi. Aduk hingga homogen. Tambahkan margarin, aduk hingga rata, tambahkan telur, lalu tambahkan susu sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. Diamkan selama kurang lebih 40 menit. Kempiskan adonan lalu bagi adonan menjadi empat bagian. Tiap bagian dibagi lagi menjadi 8 bagian, bentuk bulat lalu letakkan di atas kertas roti. Diamkan 20 menit, lalu isi sesuai isian yang dikehendaki. Saya suka mengisi roti ini dengan coklat, keju, pisang dan sosis. Tanpa isi juga enak loh. Setelah itu dipanggang selama 15 menit dengan suhu 180 derajat. Selamat mencoba :).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar